Jurgen Klopp Permainan Tim yang Klop Membuatnya Makin Ngetop

Spread the love

Jurgen Klopp Permainan Tim yang Klop Membuatnya Makin Ngetop – Musim kompetisi Liga Inggris 2019/2020 dinyatakan usai pada minggu lalu, sesudah semua tim melakoni laga ke-38 dalam waktu yang bersamaan. Meski begitu jauh sebelum kompetisi berakhir, tepatnya di pekan ke-31, Liverpool sudah dinyatakan sebagai juara karena tak mungkin lagi disalip peringkat di bawahnya, Manchester City.

Jurgen Klopp Permainan Tim yang Klop Membuatnya Makin Ngetop

Jurgen Klopp Permainan Tim yang Klop Membuatnya Makin Ngetop

Namun di balik pencapaian juara Liga Inggris oleh Liverpool di musi, ini, tidak hanya pemain saja yang berkontribusi besar, tapi ada peran sentral seorang pelatih yang bernama Jurgen Kloop. Beragam harapan dimunculkan saat kedatangan Kloop ke Stadion Anfield. Tercatat semenjak berubahnya format kompetisi menjadi Premier League seperti saat ini, Liverpool tidak pernah meraih juara. Paling apes mendapat peringkat dua berkali-kali meski pernah menjuarai UCL di awal 2000-an. Akibatnya Liverpudlian (fans Liverpool).

Harus menahankan rasa sakitnya digantung layaknya gebetan yang tak kunjung mengutarakan cinta. Itu sebabnya Liverpudlian berpengharapan besar kepada Kloop agar memutus “kutukan” tersebut. Di tahun 2015, Kloop setidaknya berjanji bahwa dia akan meraih trofi bergengsi dalam kurun empat tahun ke depan. Bagi mereka yang tidak mengenal sepak terjang Kloop, sekilas omongannya terdengar seperti gombalan ABG yang sedang dimabuk asmara, hanya sebagai pepesan kosong. Kalau kata beken anak zaman sekarang OMDO (omong doang).

Tapi bagi orang yang mengikuti perkembangan sepakbola beda halnya. Bagi saya itu bukan sekadar pepesan atau isapan jempol. Itu seperti layaknya peluru yang siap ditembakkan jika segala persiapan sudah matang. Racikan strateginya penuh dengan warna. Klub yang diasuhnya dipastikan akan mampu bersaing dengan klub lainnya dengan sumber daya yang ada. Ditambah Kloop bukan pelatih tipikal haus akan bintang, melainkan pengorbit bintang. Tak heran neraca keuangan tim yang ditanganinya mengalami keuntungan.

Rekor Dortmund yang tak pernah menjuarai Liga Jerman selama puluhan tahun akhirnya pupus, dibawah asuhannya Dortmund mampu menggondol trofi Liga Jerman dan menjuarai DFB Vokal. Sekaligus mendobrak hegemoni Bayern Muenchen di persepakbolaan Jerman. Pernah juga menjadi Runner Up Liga Champions sebab dikalahkan rival beratnya di Jerman, Bayern Muenchen. Padahal pemain-pemainnya tidak ada yang berlabel pemain bintang kelas dunia. Semua ditunjang oleh keinginannya yang mengharamkan pemain yang sekadar mengandalkan skill individu belaka, malahan menginginkan pola permainan yang klop dengan karakteristik bermain secara kolektif.

Hasilnya tadi juara Liga Jerman dapat direngkuh. Pemain bintang bermunculan seperti Lewandowski, Goetze, Reus, dan lain-lain. Maka tak heran ketika kemunculannya ke Liverpool membuat para Liverpudlian berpengharapan besar. Julukan Looserpool yang biasa dicemoh kepada timnya akan perlahan hilang. Liverpool tergolong sukses dalam menerapkan gegenpressing ala Kloop dengan bermain tempo cepat dan selalu menyerang. Setiap pertandingan yang dilakoninya dijalankan dengan apik. Bahkan tim sekelas Barcelona yang diperkuat Messi saja dijungkirbalikkan dari kalah tiga kosong di pertemuan pertama menjadi menang empat kosong di pertemuan terakhir.

Janji yang diutarakannya untuk menggondol trofi bergengsi untuk empat tahun ke depan ditepatinya. Si kuping besar dapat diraihnya setelah mengalahkan Tottenham di musim lalu. Hanya saja juara Liga Inggris saat itu raib dari genggaman mereka. Akan tetapi di musim ini dapat diraihnya berkat trisula mautnya Firmansah (Firminho, Mane, dan Salah). Pola permainan cepat Kloop terlihat seperti tradisi sepakbola kebanggan Inggris yaitu kick and rush, yang mampu menghibur penonton. Permainan indah tersaji dalam bekapan mata. Berkat sentuhan tangan dinginnya, pemain Liverpool seakan menjadi sosok menakutkan di segala sisi. Sebut saja Allison di posisi penjaga gawang.

Van Dijk di pertahanan. Arnold bek sayap merangkap pengumpan yang memanjakan sasarannya. Dan gelandang petarung Milner, dan tentu saja trio Firmansyah dengan penyelesaian yang apik. Semua terasa lengkap dan tidak mempunyai lubang yang mesti ditambal. Selain itu, pemain Liverpool yang sebelum kedatangan Kloop terkesan biasa-biasa saja berubah menjadi salah satu pemain terbaik di dunia saat ini pada posisinya masing-masing. Semua pelatih kini memuja transformasi permainan Liverpool.

Tim yang sempat disebut menuju tim medioker sebelum kedatangan Kloop berubah menjadi macan ganas yang siap mengobrak abrik pertahanan lawan. Kini pamor Kloop makin ngetop dan mulai disejajarkan dengan Pep Guardiola, Jose Mourinho, bahkan sang legenda Sir Alex Ferguson.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *